Biografi Khonghucu

tTAOISME DAN KONFUSIANISME *asyikkk lho belajar agama-agama

Selasa, 22 Mei 2012

WU WEI



Ø  Konsep Wu Wei
Wu Wei dapat diartikan “tanpa berbuat” “dapat bertindak” atau “non action”. Wu Wei jika digunakan dalam kehidupan sehari-hari dapat menyelesaikan segala macam persoalan.
Banyak ayat-ayat Tao Te Ching yang mengulas secara panjang lebar tentang Wu Wei diantaranya : “Tao selalu menegaskan makna tanpa tindakan bahkan tidak ada yang tertinggal untuk tidak dikerjakan” ayat lain menyebut : “cara untuk bertindak” katanya secara sederhana “adalah dengan hidup”
“bertindak tanpa aksi dan berbuat tanpa gaduh”
Bukan berarti Wu Wei ini tidak berbuat apa-apa. Artinya berbuat tetapi tidak dibuat-buat, berdasarkan konsep Wu Wei ini, apa pun yang dilakukan manusia harus dapat menyelaraskan diri dengan sifat-sifat alam. Manusia harus benar-benar menjadi apa yang sedang mereka lakukan.
Keheningan yang kreatif
 





Kesantaian yang maksimal                                                      aktivitas yang maksimal

Rounded Rectangle: Gabungan sifat yang kelihatannya tidak dapat diserasikan dalam satu pribadi yang sama.
Mencapai kebahagiaan sejati (bersama Tao)

 



Menurut Huston Smith dalam bukunya agama-agama manusia bahwa Wu Wei adalah kegiatan yang maksimal, penyesuaian diri yang bermanfaat, kesederhanaan dan kemerdekaan yang mengalir dari diri kita atau melalui diri kita disaat ego dan upaya kita yanhg sadar menyerah kepada suatu kekuatan, diluar diri kita sendiri
Ø  Wu Wei dalam Pemerintahan
Politik Taois dapat disamakan dengan konsep eropa Laisse Faire yaitu pemerintah yang paling sedikit memerintah adalah yang baik dan bijaksana. Para pengusaha dinasehati agar diam dan mengamati dan membiarkan rakyat berkembang seperti apa adanya. Tidak mencampuri persoalan rakyat, membiarkan rakyat berjalan sendiri dan menentukan nasibnya.
Dalam memerintahpun diusahakan tidak membuat rterlalu banyak peraturan karena akan menimbulkan banyak persoalan pula misalnya berbeda pendapat antra rakyat dengan pemerintah jika banyak aturan. Bahkan bisa menjadi sebuah pemberontakan. Ini sesuai ddengan konsep Wu Wei agar membiarkan segala sesuatunya berjalan secara alami. Seperti tertera dalam kitab Tao Te Ching pada bab 17 bahwa :
“seorang pemimpin itu berada dipuncak kepemimpinannya. Jika rakyatnya hampir tidak tahu bahwa ia ada. Dikala karyanya selesai dan tujuannya tercapai, mereka semua berkata “kami sendirilah yang mengerjakan ini”.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar