Biografi Khonghucu

tTAOISME DAN KONFUSIANISME *asyikkk lho belajar agama-agama

Selasa, 22 Mei 2012

YIN DAN YANG



Filsafat Yin dan Yang







Filsafat China adalah salah satu kepercayaan mendasar yang membantu orang China memahami dirinya dalam hubungannya dengan dunia. Pada awalnya dunia adalah suatu kehampaan tanpa batas yang disebut Mu Chi. Kehampaan digambarkan dalam bentuk lingkaran kosong dan ketidak giatan dalam bentuk lingkaran hitam. Interaksi kegiatan dan ket5idak giatan ini disebut Tai chi, yang diperlihatkan sebagai lingkaran Ying-Yang (setengah hitam dan setengah putih).
Ketika terwujud di dunia, ketunggalan ini terbagi dua : Yin dan Yang. Dua hal yang bertentangan ini yang dinamis digambarkan dengan garis pitus (untuk Yin) dan garis lurus (untuk Yang). I Ching mengkombinasikan garis-garis ini dalam pola yang digunakan untuk meramal.
Keselarasan tao ada terlebuh dahulu, diaktifkan oleh kefasihan, oleh tidak adanya aktivitas. Tetapi begitu diekspresikan, Tao menghasilkan suatu permainan pertentangan yang dinamis dan silih berganti. Yin-Yang yaitu manifestasi Tao di dunia. Keduanya saling menghasilkan satu sama lain sebagai kutub-kutub yang menjadi bagian dari jalinan keberadaan.
Yin yaitu berupa kelembutan, kepasifan, kewanitaan, kegelapan lembah dan yang negative, ketidak beradaan. Sedangkan Yang meliputi kekerasan, kejantanan, kecerahan, gunung kegiatan, keberadaan. Yin dan Yang menghasilkan suatu keseimbangan dinamis antara daya gerak dan sikap diam, antara keakifan dan kepasifan, sehingga titik keseimbangan kembali ke pusatnya.
Berdasarkan Kosmologi orang China, alam semesta digolongkan menjadi dua yaitu elemen baik dan elemen buruk. Baik untuk sifat Yang dan buruk untuk sifat Yin. Seperti dalam kitab klasik Taoisme (Tao Te Ching) dikutip oleh Mc Creery (dalam scupin, 2000 : 289), bahwa “Tao melahirkan satu dan satu melahirkan dua” dua yang dimaksud adalah Yin dan Yang. Yang mengatud dunia baik dunia nyta atau dunia tidak nyata. Yin-Yang adalah aspek yang berlawanan, keduanya sama-sama mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia.
 Asal usul alam menurut Kosmologi China


Dalam kitab Yi Jing konsep Kosmologi disepadankan dengan fisika yang dimulai dengan ledakan besar yang melahirkan materi-materi dengan tingkat kepadatan tinggi, terus berputar menghasilkan galaksi, tata surya dan pelanet.
Kitab Yi Jing awalnya kehampaan menurut salah satu penafsirannya. Kemudian kehampaan berganti kekacauan dengan tingkat energi yang tinggi. Setelah terjadi kekacauan muncullah gas, disusun energi serta materi-materi. Alam masih belum jelas bentuknya dengan gerakan tidak teratur sampai gerakan itu menjadi teratur dan menjadi hukum alam. Mengatur materi-materi yang tersebar di alam, sehingga alam menampilkan bentuknya mendekati seperti yang sekarang.
  Yin dan Yang dalam hubungannya
“Yin dan Yang bergabung ketika keduanya diterima sebagai kebenaran larut menjadi suatu sintesis menjadi ketunggalan yang tidak terbatas yaitu : Anda”
Artinya kita aman dalam hidup ketika kita mengikuti aliran Yin dan Yang. Keseimbangan akan muncul sendiri secara alami. Hubungan Yin dan Yang member kita pemahaman yang cerdas atas realitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar